Monday, May 30, 2016

Inikah Rangkaian Kereta Api Terpanjang di Dunia?

Darwin - Tak hanya punya satwa unik dan pemandangan eksotik, Australia juga punya rangkaian kereta api terpanjang di dunia. Terdiri dari 44 gerbong, panjangnya setara 12 lapangan sepakbola!

The Ghan, begitulah nama kereta api di Australia yang dinobatkan oleh The Guiness World Records sebagai kereta terpanjang di dunia. Panjang resminya mencapai 3,600 kaki (setara 1,09 km), terdiri dari 44 gerbong penumpang dan 2 buah lokomotif.

Dari informasi yang dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (30/5/2016), The Ghan merupakan kereta api yang sangat legendaris di Australia. Mulai beroperasi sejak tahun 1929, The Ghan melayani rute dari Adelaide menuju ke Darwin, membelah benua Australia dari ujung selatan menuju ke utara.


(Thinkstock)

Perjalanan sejauh 2.979 Km itu dapat ditempuh The Ghan dalam waktu 54 jam, atau kurang lebih 3 hari 2 malam, dengan satu kali pemberhentian di Kota Alice Springs selama kurang lebih 4 jam. Kecepatan rata-ratanya mencapai 85 Km/jam.

Dengan jumlah gerbong mencapai 44 buah, The Ghan dipercaya mampu menampung hingga 5.800 penumpang sekali jalan. Untuk melayani penumpang sebanyak itu, The Ghan juga membekali diri dengan 6 gerbong restoran, 5 gerbong lounge, serta gerbong khusus untuk barang bawaan traveler.

Tak hanya itu, ada sekitar 55 kru yang bertugas untuk melayani para penumpang. Sekali perjalanan, The Ghan menyiapkan sekitar 190 kg daging ikan, 190 kg sayuran, serta 3.000 butir telur untuk sarapan penumpang. The Ghan melayani rute dari Adelaide menuju Darwin hanya selama seminggu sekali.


(Thinkstock)

The Ghan keluar sebagai jawara yang terpanjang mengungguli saudaranya yaitu kereta The Indian Pacific yang panjangnya mencapai 2.540 kaki (setara 774 meter), kereta jarak jauh di India 1.970 kaki (600 meter), serta kereta RC Locomotive di Swedia sepanjang 1.740 kaki (530 meter).

Perjalanan naik The Ghan bisa jadi pengalaman tersendiri bagi traveler untuk menikmati Australia dengan cara yang berbeda. Dijamin seru dan berkesan!


(Thinkstock)

Artikel Terkait

Inikah Rangkaian Kereta Api Terpanjang di Dunia?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email